Monday, March 30, 2020

Tulungagung Masuk Zona Merah Trenggalek Jalankan Cek Poin

AWD Blog - 29 Maret 2020 Tulungagung masuk kategori Red Zone setelah terkonfirmasi satu pasien positif Covid-19,26 PDP dan 462 ODP. Terkait update tersebut Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin bertindak cepat.


Melalui rapat teleconference dengan jajaran terkait Bupati Trenggalek menginstruksikan sejak hari ini Senin 30 Maret 2020 seluruh akses menuju Trenggalek ditutup/Blokade total kecuali 3 jalur utama yaitu Durenan,Panggul dan Tugu.

3 Jalur tersebut merupakan jalur cek poin, semua kendaraan yang melintas di jalur tersebut harus harus di hentikan dan dilakukan Screening ODP/ODP/PDP. Semua ODR/ODP/PDP yang terjaring di Check poin tersebut akan dipasang gelang merah.

Tugas Tim Kesehatan di Check Poin adl melakukan pemeriksaan skrinning, Pemasangan Gelang, Pelayanan Kesehatan dan Rekapitulasi Data ODR/ODP/PDP. Tim Kesehatan mulai bekerja stl ada kendaraan yg dihentikan.

Mulai besok Tim Kesehatan tiap shift tdd 4 orang dari PKM dan 1 orang dari Dinkes. Mulai hari ini pencatatan/identifikasi ODR akan dibantu oleh petugas dari Dukcapil dg alat KTP scanner. Tugas Desinfeksi Lokasi Cek Poin oleh Tim Dinas Pertanian dan Pol PP dan Leader di Cek Poin adalah Dishub.

Semua ODR/ODP hasil skrinning cek poin harus dilakukan pemantauan dan pengawasan oleh Puskesmas bersama Satgas Covid-19 di Desa. Berkaitan dg kepastian pelaksanaan Isolasi mandiri dan phisycal distancing oleh ODP dan ODR kita boleh membuka data ODP dan ODR by name by adress kpd Tiga Pilar yaitu Camat dan Kepala Desa, Danramil dan Babinsa, Kapolsek dan BKTM...selain 3 tsb Tidak boleh membuka data.

Posyandu dibuka kembali tp hanya focus ke layanan imunisasi dan dijaga physical dustancing(jgn empet2an) Pegawai dr wilayah redzone diserahkan ka pus,sebaiknya pake kendaraan pribadi

PE dg kunj rumah petugas pkm diprioritaskan utk memastikan bhw ODR , ODP melakukan isolasi mandiri bekerja sama dg satgas desa yg mengawasi, melalui RT, RW, perangkat desa
Untuk antisipasi kunjungan pasien puskesmas dari daerah redzone harap puskesmas melakukan skrening didepan pkm.

Kondisi terbaru peta sebaran kasus Covid-19 di Jawa Timur Lihat di bawah ini

Semoga pandemi virus Corona/Covid-19 ini akan segera berakhir dan kita senantiasa di lindungi dari ancaman virus ini. Semoga bermanfaat.

Maaf untuk komentar saya aktifkan moderasi, ini untuk menghindari komentar spam yg tidak berhubungan dengan artikel yag di komentari.